Sistem Digital

21.36 Edit This 0 Comments »
Sistem digital adalah suatu sistem yang berfungsi untuk mengukur suatu nilai atau besaran yang beaifat tetap atau tidak teratur dalam bentuk diskrit berupa digit-digit atau angka-angka.

Encoder adalah rangkaian digital yang dapat mengubah bilangan desimal ke biner
Decoder adalah rangkaian digital yang dapat mengubah bilangan biner ke desimal, dimana rangkaian ini akan menghasilkan output high (1) pada jalur yang sesuai dengan yang ditunjuk oleh selektor.

Decoder prioritas terbagi menjadi 2 yaitu :
a. common catoda (cc) adalah rangkaian seven segment yang kaki anodanya disatukan, kemudian diberi tegangan dan kaki katodanya dihubungkan dengan ground syaratnya, aktif jika kaki anoda bernilai 1 atau high.
b. comon anoda (ca) adalah rangkaian seven segmen yang kaki katodanya sebagai input dan kaki anoda disatukan kemudian diberi tegangan. Syaratnya, aktif jika katoda bernilao 0 atau low.

Multiplexer adalah suatu rangkaian digital yang  mempunyai beberapa line input dan 1 line output, input ditentukan oleh selektor.
Demultiplexer adalah rangkaian logika yang menerima suatu input data dan mendistribusikan input tersebut ke beberapa output yang tersedia.

0 komentar: